Tuesday, January 12, 2010

Ignore apa Confirm?


Pengguna facebook pasti udah sering banget mendapat pertanyaan seperti judul diatas. Kalau confirm ada manfaatnya gak ya? kalau gak gabung apakah saya akan ketinggalan informasi? Kita pasti mencari sweet spot-yakni komunitas yang memberikan manfaat optimum.

Setidaknya ada 3 kriteria yang dapat kita gunakan untuk menentukan gabung tidaknya kita pada sebuah komunitas: relevance; active level dan number of community network.

Relevance terkait dengan relevansi atau kesamaan interest/kepentingan atau values/nilai. Orang yang mempunyai kepentingan atau nilai-nilai yang sama cenderung untuk memasuki sebuah komunitas yang sama. Coba ketik bike to work (dalam facebook), maka akan muncul 16 komunitas bike to work (dilakukan pada 12 januari 2010). Masing-masing mempunyai anggota yang bervariasi jumlahnya. Komunitas ini mempunyai values yang sama yakni kesehatan lewat bersepeda, mengurangi emisi karbon, juga ada yang karena alasan ekonomis (pasti sedikit sih..). Orang yang tidak menyukai sepeda, emisi karbon cenderung enggan untuk bergabung dengan komunitas bike to work.

Active level terkait dengan seberapa besar tingkat keaktifan sebuah komunitas. Apakah sebuah komunitas hanya berisi list anggota tanpa aktivitas apapun. Tanpa ada diskusi, sharing pengalaman tentang interest yang sama, dst. Kalau cuman sekedar daftar nama, ngapain kita bergabung. Saya pernah mengikuti Honda Jazz Cyber Club, member komunitas ini cukup aktif, tiap hari ada yang memposting sesuatu, tanya bengkel honda, cara mengubah setting mobil, tempat ngecat mobil, etc.

Number of community Network terkait dengan jumlah jaringan antar komunitas yang dapat dibangun atau potensial dibangun. Kita tentu pingin menambah jaringan untuk menambah manfaat dan pertemanan.

Kalau gak ada yang sesuai dengan 3 kriteria-kriteria tersebut diatas, trus mau ikut komunitas apa donks??? Mungkin saatnya anda menjadi administrator dari sebuah komunitas. Bukankah Tuhan memerintahkan kita menjadi orang yang bermanfaat buah orang lain. So, it's time and your turn.

Selamat menjadi penggerak komunitas, esplore your ability...



6 comments:

  1. saya ikut kaskus, pak arif ikutan ngaskus ga?

    ReplyDelete
  2. aku enggak ikut ngaskus mas indart... (eh pake nama lagi).

    ReplyDelete
  3. stay hungry stay foolish maksute opo rif?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. aku selama ini masih lebih banyak ke number of community level...
    sayangnya sampe saat ini join FB masih dalam taraf iseng dan belum memanfaatkan sisi positifnya secara optimal...

    ReplyDelete